Mengenal apa itu Hosting

Mengenal tentang hosting, apa itu hosting?

WEB HOSTING
WEB HOSTING

Pada malam ini saya akan membahas apa itu hosting? dikutip dari situs SB1M tempat saya join serta menimba ilmu internet marketing. Hosting? hosting itu sebutan dalam dunia online kalo dalam offlinenya kita mempunyai sebuah toko, jika anda mau buka usaha maka anda akan menyewa toko.

Nah, jika di dunia online jika anda mau berjualan online maka anda harus punya rukonya ( websitenya ) dan untuk punya web anda harus sewa hosting, sama seperti anda sewa ruko. Bedanya jika sewa ruko itu mahal bisa 150 juta pertahunnya. 

Jika anda sewa hosting itu murah banget bisa 120.000 sebulan sudah bisa jualan anda. Maka dari itu dunia online itu enak banget.

Anda akan lebih diuntungkan jika anda berjualan online daripada jualan offline kenapa? karena 2 perbedaannya:

Ketika anda punya website ( jualan online )
  • Toko anda buka 24 jam
  • Anda hanya perlu sewa hosting
  • Anda hanya perlu beli domain
  • Dapat dikerjakan dirumah
  • Anda tidak memerlukan karyawan
Sedangkan ketika anda punya ruko ( jualan offline )
  • Toko anda hanya buka 8 jam/hari
  • Anda harus sewa Ruko
  • Nama toko
  • Anda harus keluar modal besar
  • Anda memerlukan karyawan
2 hal penting yang harus anda ketahui jika anda membeli sebuah hosting. Kapasitasnya berapa? dan bandwith nya berapa?

Jika ditanya hosting mana yang bagus? pilih hosting yang biaya bulanannya diatas seratus ribu rupiah dengan kapasitas 5 GB dan bandwith unlimited. Bagi pemula silahkan pilih sesuai kemampuan.

Pengertian kapasitas

Kapasitas berkaitan dengan kapasitas web anda misalnya ukuran kapasitasnya hanya 1000 MB, artinya anda hanya boleh memasukkan foto, plugin dll sebesar 1000 MB saja. Jika anda upload gambar terus - menerus lama - lama kapasitasnya tidak kuat, artinya anda harus upgrade.

Sama istilahnya anda sewa ruko yang harga sewa nya murah kapasitas ruko nya kecil jika anda memaksakan memasukkan barang yang banyak banget di dalamnya jika terus dipaksa maka tidak akan muat.

Pengertian bandwith

Bandwith adalah ukuran besarnya lalu lintas data yang diperbolehkan dari sebuah web hosting setiap bulannya. Jika anda beli hosting yang ukuran bandwithnya 1000 MB, itu artinya web anda hanya boleh di akses sebanyak 1000 kali oleh pengunjung.

Anda mungkin pernah liat sebuah web down, itu karena waktu beli hosting belinya yang murah dan ketika pengunjungnya banyak membuat webnya tidak kuat jadinya down atau suspend.

Solusinya adalah dengan cara upgrade ke hosting yang lebih tinggi kapasitas bandwithnya. Contoh gambaran bila anda beli hosting murah dan ternyata pengunjung web anda banyak, itu ibarat anda punya toko bagus tapi beli hostingnya ditempat yang murah sehingga kapasitas bandwithnya tidak dapat menampung pengunjung yang banyak.

Macam - macam Hosting

  1. Shared Hosting, tipe web hosting ini menggunakan komputer server yang sama untuk beberapa pengguna hosting sekaligus. Pengunjungnya masih dibawah sepuluh ribu perhari. Web hosting ini ibarat anda naik bus ramai - ramai di dalam bus ( servernya barengan dengan orang lain ) jika satu down ya down semua.
  2. VPS, tipe web ini menggunakan virtual mesin ( gunakan vps ketika pengunjunglebih dari dua puluh ribu orang perhari ). Vps mirip shared hosting hanya saja tipe ini 1 server tidak rombongan / banyak orang di dalamnya. Seperti anda naik taxi hanya ada 4 orang masih ada space buat anda duduk.
  3. Dedicated server, Tipe web hosting ini menggunakan komputer server untuk satu pengguna hosting ibarat anda sewa mobil sendiri, biasanya digunakan oleh perusahaan besar.
  4. Cloud Hosting, tipe web hosting dimana pengguna hanya membayar jumlah sumber daya yang terpakai. Tipe yang paling murah tapi juga berbahaya, beresiko diakses orang lain dan di bobol karena berada di cloud.
  5. Reseller Hosting, Tipe web hosting yang ditujukan untuk seseorang yang ingin berjualan hosting, ibarat grosir untuk penjual.
Sekian hari ini pembahasan mengenai apa itu hosting, jangan lupa jika minat ikut bergabunglah di SB1M gratis member aktif jika mau yang berbayar juga ada. see you next.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal apa itu Hosting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel