CARA MEMPERBAIKI MASALAH ERROR BREADCRUMB DI GOOGLE SEARCH CONSOLE

Cara Memperbaiki Masalah Error Breadcrumb di Google Search Console - Baru - baru ini anda pasti mendapatkan sebuah notifikasi dari Google Search Console (GSC) dimana terdapat sebuah masalah Breadcrumb di blog anda yang harus segera diperbaiki agar struktur data di blog anda kembali normal.

Cara mengatasi breadcrumb yang error pada blog


Cara Memperbaiki Masalah Error Breadcrumb Pada Blog, kali ini saya akan memberikan sebuah tips cara mudah dan ampuh untuk mengatasinya. Sebelum kita mulai anda harus tahu apa itu Breadcrumb? Breadcrumbs adalah sebuah navigasi pada blog yang menginformasikan dan membantu para pengunjung untuk memahami lokasi mereka saat berada dalam sebuah website. breadcrumbs ini dibuat untuk menyempurnakan navigasi pada blog seperti homepage, kategori, tag, dan juga arsip pada website ataupun blog.



Berikut ini adalah notifikasi yang saya dapat dari google search console karena adanya masalah breadcrumb pada blog saya ini.

cara mengatasi masalah error breadcrumb pada blog


Setelah memahami dan membaca sedikit apa penyebab masalahnya. Google telah menginformasi bahwa mereka menghapus data-vocabulary.org dan mengharuskan setiap kerangka template migrasi ke schema.org.

Kenapa google harus menghapus data-vocabulary.org? untuk lebih paham mari kita buktikan sendiri bahwa alamat dengan data-vocabulary.org tidak tersedia atau error. Cara mengeceknya silahkan anda copy atau ketikkan urlnya seperti ini: http://data-vocabulary.org pada browser google chrome anda, maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

cara mengatasi masalah error breadcrumb di google search console


Untuk memperbaikinya tidak terlalu sulit anda hanya harus mengganti kata https://data-vocabulary.org/breadcrumb dengan code https://schema.org/BreadcrumbList



Apakah code https://schema.org/BreadcrumbList aktif di google tidak error seperti code data-vocabulary, lebih baik anda membuktikannya dengan cara yang sama copy codenya lalu paste di google chrome. Lihat hasilnya seperti dibawah ini:

cara memperbaiki masalah error breadcrumb pada google search console


Pada gambar diatas membuktikan bahwa code baru yang akan anda pasang berfungsi dengan baik untuk menyelesaikan masalah error pada blog atau google search console anda.

Karena banyaknya code data-vocabulary.org yang harus diganti pada template blog anda, agar menghemat waktu dan mempersingkat prosesnya saya akan berikan sebuah code full yang saya dapatkan melalui internet dan hampir semuanya sama menggunakan code berikut ini.

cara untuk mengatasi masalah breadcrumb yang error dengan menggunakan code yang sudah banyak beredar di google, berikut ini step by step nya.

1. Login terlebih dahulu ke blogger

2. Klik menu Tema lalu Edit HTML

3. Cari code berikut ini:

<b:includable id='breadcrumb' var='posts'> ..... sampai penutupnya ..... </b:includable>

Untuk lebih jelas dan memudahkan pemahaman anda, silahkan lihat pada gambar dibawah ini:

cara mengatasi masalah error breadcrumb pada blogger


4. Anda hanya perlu menghapus code yang saya blok seperti gambar diatas lalu diganti dengan code dibawah ini.

<b:includable id='breadcrumb' var='posts'> <b:if cond='data:view.isPost'> <b:loop values='data:posts' var='post'> <div class='breadcrumbs' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/BreadcrumbList'> <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <a expr:href='data:blog.homepageUrl' itemprop='item' title='Home'> <meta content='1' itemprop='position'/> <span itemprop='name'><b:switch var='data:blog.locale'><b:case value='id'/>Beranda<b:default/>Home</b:switch></span></a> </span> <b:if cond='data:post.labels'> <b:loop index='nomor' values='data:post.labels' var='label'> &amp;nbsp;&#8250;&amp;nbsp; <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <meta expr:content='data:nomor+2' itemprop='position'/> <a expr:href='data:label.url + &quot;?&amp;max-results=8&quot;' expr:title='data:label.name' itemprop='item' rel='nofollow'> <span itemprop='name'><data:label.name/></span> </a> </span> </b:loop> <b:else/> &amp;nbsp;&#8250;&amp;nbsp; <span itemprop='name'><data:blog.pageName/></span> </b:if> </div> </b:loop> <b:elseif cond='data:view.isPage'/> <div class='breadcrumbs' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/BreadcrumbList'> <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <a expr:href='data:blog.homepageUrl' itemprop='item' title='Home'> <meta content='1' itemprop='position'/> <span itemprop='name'><b:switch var='data:blog.locale'><b:case value='id'/>Beranda<b:default/>Home</b:switch></span></a> </span> &amp;nbsp;&#8250;&amp;nbsp; <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <meta expr:content='data:num+2' itemprop='position'/> <a expr:href='data:blog.url' expr:title='data:post.url' itemprop='item'> <span itemprop='name'><data:blog.pageName/></span> </a> </span> </div> </b:if> </b:includable>

5. Save Tema. Selesai

Setelah anda selesai mengganti code error breadcrumb di blog anda, langkah selanjutnya adalah anda harus memvalidasi di google search console, silahkan masuk ke search console dan masuk ke Breadcrumbs yang error, tinggal  pilih Validasi Perbaikannya.



Jika sudah memvalidasi, anda tinggal tunggu saja, nanti akan ada laporan jika validasi perbaikan berhasil. Jika sudah berhasil dapat dipastikan bahwa search console blog akan berjalan lancar lagi tanpa menemui error tentang breadcrumbs.

Terima kasih sudah membaca artikel saya tentang cara memperbaiki masalah error breadcrumb di google search console secara mudah dan cepat, semoga artikel kali ini bisa membantu masalah anda.

30 Komentar untuk "CARA MEMPERBAIKI MASALAH ERROR BREADCRUMB DI GOOGLE SEARCH CONSOLE"

  1. alhamdulillah udah ga error lagi gara gara liat solusinya di blog ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung dan selamat jika sudah berhasil mengatasi masalah breadcrumb melalui artikel yang saya bagikan ini

      Hapus
  2. mantap artikelnya mas... sangat membantu..

    BalasHapus
  3. Terimakasih Mas,.. Saya terapkan dan 100% Work. Mantapp :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung dan selamat jika sudah berhasil

      Hapus
  4. Makasih gan akhir akhir ini kok ga ke indek ya dan ga ada trafik kiranya masalahnya ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo masalah gak ke index diblog saya ini tidak mengalaminya, mungkin belum di submit di google search console? Jika tidak ada traffik, coba sering sering berbagi artikel dengan orang lain

      Hapus
  5. mas punyaku aku ganti kode itu aku save kok gagal ya

    BalasHapus
  6. Klo gagal,, ada code yg diganti terlebih dahulu barangkali, ganti template yg sama aja. Lalu ikuti tutorial nya lg disini. Semoganya work kok caranya aja yg salah, coba eksperimen buat blog baru pakai template yg error breadcrumb perbaiki pakai cara di artikel ini, jika berhasil. Template agan yg bermasalah harus diganti.

    BalasHapus
  7. perbaiki breadcrumb nya pakai tutorial disini gan, work jika work kirimin template yang anda pakai sekarang yg masih fresh saya bantu terapkan code pemecahan error breadcrumb nya

    BalasHapus
  8. Terimakasih atas artikelnya cukup membantu gan.. Cuma kok ada perbadaan format ya gan dengan breadcrumb yang digunakan sebelumnya.. misalnya contoh sbb :

    Format breadcrumb yang saya gunakan sebelumnya :

    Home > Post Label > Post Title

    dan format Breadcrumb dari code agan sbb :

    Home > Post Label

    Kira2 masalahnya dimana gan ? apakah ada impact nya ke SEO ?.. mohon pencerahannya gan.. terimakasih

    BalasHapus
  9. Ia, memang ada beberapa perbedaan tp ketika disave msh bisa menyimpan dan untuk seo selama blog ini pakai code breadcrumb tersebut belum ada masalah ke seo traffik cendrung naik ketika di cek di GSC, trims

    BalasHapus
  10. Terimakasih info terkait Breadcrumb. tapi kenapa ya setelah diperbaiki, pageview anjlok sekali. Ada saran?

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah, sudah muter muter dari jam 19, baru nemu cara yang cocok buat blog Saya. terima kasih Banyak Gan..

    BalasHapus
  12. Google lagi melakukan perbaikan secara berkala jadi rata blogger kena imbasnya. Yg penting rutin update aja

    BalasHapus
  13. Saya coba dulu ya kak, semoga aja bisa....

    BalasHapus
  14. Terimakasih sangat membantu saya, breadcrumb saya sudah tidak error lagi berkat lihat artikel ini

    BalasHapus
  15. terimakasih sangat bermanfaat. setelah saya mencoba langkah langkah di atas alhamdulillah breadcrumb saya sudah tidak error lagi :)

    BalasHapus
  16. Selamat bagi yang sudah sukses menyelesaikan masalah breadcrumb nya semoga gak error lagi ya

    BalasHapus
  17. terima kasih mas, blog saya jadi bebas dari peringatan breadcrumb

    BalasHapus
  18. Mas, di blog aku kok tidak di temukan
    Apa ada yg beda di blog aku atau gimana ya?

    BalasHapus
  19. terima kasih banyak infonya..dan teLAH berhasil saya lakukan
    tidak ada error lagi masalah breadcumb
    semoga ilmu yang agan amalkan bertambah

    BalasHapus
  20. Artkelnya bermanfaat sekali, sekarang error di blog saya sudah beres.

    Terimakasih :)

    BalasHapus
  21. Terimakasih infonya sangat ditail mang. Jangan lupa mampir

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel