Mengatur keuangan pribadi anak kosan secara bijak

Mengatur keuangan anak kos - Selamat pagi, kali saya ingin membahas pengalaman pribadi saat saya menjadi anak kos - kosan.

Keuangan anak kos kosan, atur pengeluaran anak kost, keuangan menipis anak kos
source by google

Anak kos memang harus pinter - pinter mengatur keuangan pribadi mereka agar tidak pusing diakhir bulan, anak kos yang masih disubsidi orang tuanya maupun mereka yang sudah bekerja, tidak jarang mengalami masa sulit seperti itu.

Tidak perlu takut menjadi anak kos selama kamu bisa mengatur keuangan dengan baik hari - hari mu akan baik - baik saja.

Berikut ini saya akan kasih tahu kepada kamu bagaimana cara mengatur keuangan yang baik bagi anak kos.

Trik mengatur keuangan anak kost


1. Bagi 2 dana yang kamu punya


Bagi kamu seoarang mahasiswa mungkin hanya mendapatkan subsidi setiap bulannya dari orang tua hal ini yang harus kamu manfaatkan dengan baik, begitu juga kamu yang sudah bekarja.

Caranya, buatlah pemisahan dana 70% untuk pengeluaran sehari - hari dan 30% nya untuk pribadi.

2. Susun anggaran belanja bulanan


Kamu harus catat rincian pengeluaran tiap bulannya, belilah kebutuhan mandi seperti sampo dalam bentuk botol agar uang yang kamu keluarkan lebih jelas dan hemat daripada kamu beli yang sachetan.

Buat juga rincian biaya pengeluaran lainnya seperti bayar kos, bayar keperluan mahasiswa, bayar pulsa internet, bayar makan dan lainnya.

3. Fokus pada anggaran yang sudah dibuat


Kamu harus berusaha untuk menjalankan sesuai anggaran belanja yang sudah kamu buat, jangan mencapurkan dana pribadi dan dana umum.

Jika dana pribadi kamu tidak cukup untuk memenuhi keinginan kamu untuk berbelanja yang tidak terlalu penting seperti hp baru, baju baru, sepatu dll. Usahakan kamu jangan mengambil dari dana umum yangn 70% itu.

4. Mencatat semua jenis pengeluaran


Loh, kenapa kamu harus repot - repot mencatat semua pengeluaran? Ini sangat penting untuk menganalisa pengeluaran apa saja yang menghabiskan banyak dana. 

Apabila pengeluaran bulanan kamu lebih banyak terpakai untuk pengeluaran pribadi maka ini yang harus segara kamu tekan dan minimalisir agar kamu memperioritaskan kebutuhan yang sifatnya sangat penting seperti bayar kos, biaya kuliah, listrik dan pulsa.

Pengeluaran yang tidak perlu ditunda saja seperti nonton film setiap minggu, belanja mewah bareng teman - teman dan lain sebagainya.

5. Cari kos dekat kampus atau tempat kerja


Untuk menghemat biaya dan waktu ada baiknya kamu mencari tempat kos yang dekat dengan kampus atau tempat kerja kamu, selain itu carilah biaya kos yang terjangkau dengan keuangan kamu. Usahakan cari biaya kos yang satu paket sudah termasuk biaya listrik dan air.

6. Manfaatkan fasilitas dari kampus


Tidak sedikit mahasiswa yang menghamburkan uang untuk membeli buku - buku pelajaran yang dia butuhkan untuk menunjang belajar mereka, sekarang kamu harus kurangi akali dengan cara sering-sering datang ke perpustakaan milik kampus dan meminjam buku-buku disana itu lebih hemat bukan.

7. Atur biaya internet 


Kamu bisa menghemat biaya pengeluaran internet kamu salah satunya adalah dengan membeli pulsa kuota untuk 1 bulan, itu lebih hemat dan  lebih aman buat masa aktif kartu kamu.

Daripada membeli setiap minggu lebih baik beli yang bulanan tidak perlu tiap minggu beli pulsa dan ada 1 lagi cara hemat yaitu manfaatkan wifi gratisan.

8. Hindari menunda pembayaran


Ada beberapa pengeluaran yang sifatnya urgent atau penting seperti bayar kosan, bayar kuliah hal ini jangan pernah kamu tunda - tunda akibatnya fatal apalagi sampai uang tersebut terpakai hanya untuk keperluan pribadi kamu.

9. Cari teman 1 kos


Ketimbang kamu ngekos sendirian, lebih baik cari teman 1 kosan selain bisa memangkas biaya kost kamu juga ada teman untuk mengobrol dan saling menjaga satu sama lain.

Kita sebagai manusia tidak selamanya diberikan kesehatan dan hidup yang enak ada kalanya diberikan ujian, musibah sakit. Nah, ketika kamu sakit dengan ada nya teman satu kosan bisa membantu kamu membelikan obat, mengantarkan kerumah sakit bahkan kamu bisa pinjam uangnya jika uang kamu ternyata sudah habis.

10. Hidup sederhana dan jaga kesehatan


Buat apa sih anak kosan hidup berfoya foya? Alangkah naiknya hidup secara sederhana uangnya disimpan untuk keperluan yang lebih mendesak apalagi bisa ngasih orang tua dikampung itu lebih bagus lagi.

Kumpul sama teman di mall dan nongkrong-nongkrong itu perlu tapi tidak sering juga, bukan? Selain menghabiskan uang kamu efek untuk kesehatan tubuh kamu juga buruk. Daripada kamu jatuh sakit lebih baik mencegahnya, bukan begitu?

11. Masak dan bawa bekal sendiri


Memang sudah menjadi kebiasaan anak kost untuk makan dan minum selalu beli, untuk air mineral aja harus beli.

Sekarang ubah gaya hidup kamu mulailah belajar masak dan belilah air galon, tidak perlu malu untuk membawa bekal dan air botol ketempat kuliah atau tempat kerja, toh, disana ada kantin yang bisa kamu pergunakan.

12. Cucilah pakaian sendiri


Anak jaman now, lebih suka datang ke laundry untuk mencuci pakaian mereka. Tidak ada salahnya kamu mencuci baju disana akan tetapi tidak setiap minggu atau bahkan setiap hari usahakan hanya sebulan sekali saja.

Mencuci baju sendiri lebih menghemat uang kamu hargailah uang pemberian orang tua kamu pakailah secara bijak meskipun kamu bekerja bukan berarti kamu bisa bermalas malasan.

13. Hanya membawa uang pas saat bepergian


Apabila ingin pergi kesebuah mall atau pusat perbelanjaan ada baiknya anda membawa uang cash secukupnya selain untuk keamanan dengan hanya membawa uang pas atau secukupnya menghindari kebiasaan anda membeli barang-barang yang tidak perlu.

Pengalaman saya apabila kita membawa uang lebih dari badget yang kita tentukan sebelumnya untuk mencari suatu barang pasti ujung - ujungnya uang yang ada di dompet tersebut terpakai semuanya.

14. Mulailah menabung


Sebelumnya saya sudah kasih tau kamu untuk membagi 2 pengeluaran kamu dimana 30% nya untuk pengeluaran pribadi kamu. Mulailah menyisihkan uang dari pengeluaran pribadi kamu untuk ditabung sedikit - sedikit lama lama jadi bukit bukan?

15. Wajib punya dana darurat 


Setiap orang pasti membutuhkan dana lebih untuk keperluan darurat yang tidak terduga, ini solusi bagus untuk kamu selain menyisihkan uang untuk ditabung sisihkan juga untuk dana darurat.

16. Cari tambahan uang


Jangan bilang kamu gengsi untuk mencari tambahan uang atau tambahan penghasilan jika kamu seorang pekerja, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan loh.

Ada cara mudah untuk kamu menambah penghasilan yaitu: membeli 1 paket nasi beserta lauknya dan dijual kembali dikampus atau tempat kerja, jual pulsa atau bisa ikut bisnis oriflame yang lagi digemari banyak orang.

17. Belajar Investasi


Tips yang terakhir adalah belajar investasi, tidak perlu modal yang besar untuk memulainya cukup kamu buka deposito dibank itu sudah termasuk investasi.

Hindari investasi yang menawarkan keuntungan yang tinggi, untuk menghindari investasi bodong

Ada banyak investasi diluar sana namun jangan tergiur dengan keuntungan yang besar namun bisnis nya bodong. Mulailah dari keuntungan yang kecil namun uang kamu bisa ditarik tanpa prosedure yang ribet seperti investasi emas mudah belinya mudah pula menjualnya.

Itulah, pengalaman pribadi saya tentang 17 cara mengatur keuangan pribadi bagi anak kos secara bijak. Semoga artikel saya kali ini dapat memberikan manfaat untuk kamu para mahasiswa maupun yang sedang bekerja agar bisa mengatur keuangan pribadi kamu.

Apabila artikel ini dirasa bermanfaat silahkan share kembali di sosial media kamu seperti facebook, twitter, google plus bahkan di forum-forum online. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.





10 Komentar untuk "Mengatur keuangan pribadi anak kosan secara bijak"

  1. Heemmmm ini sangat perlu diketahui oleh anak kos ya. Dulu saya saat kuliah sangat merasakan ketika sifat yang royal akan terbengong ketika keuangan menipis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia kak, penting banget bagi anak kos kosan sedikit mengeluarkan uang itu lebih baik daripada loyal tanpa perhitungan hehe... terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  2. Tambahan om, 19. Kumpulin modal kawin.. Hehee

    Tapi artikelnya sangat bermanfaat bangat om, terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. anak kosan belum kepikiran kearah sana kak, asal punya duit buat besok udah cukup sejahtera. Itu salah satu nya ada kak modal tak terduga buat kawin hehe,, terima kasih kak sudah berkunjung

      Hapus
  3. Wah menarik ini, emang jadi anak kos harus pinter pinter ngatur duit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita juga harus hemat bukan hanya anak kos aja kak

      Hapus
  4. Dede terbantu banget, karena tahun 2020 ntar Dede udah mulai kuliah dan jadi anak kost, tapi kata temen Dede, semakin deket kost sama universitas harganya makin mahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak juga, ada sebagian yang mahal karena tempat kosnya terbatas jika banyak yang buka kos kosan pasti murah, dek

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel