5 Ciri-Ciri MLM Scam Yang Harus Dihindari

Bisnis MLM Scam

Berbicara tentang bisnis MLM, pasti sebagian orang akan langsung mengakhiri pembicaraan karena anggapannya yang negatif terhadap model bisnis yang satu ini. Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa bisnis model MLM adalah bisnis penipuan semata. 

Namun, tahukah kamu sebenarnya  bisnis MLM ini faktanya telah berkembang di dunia & indonesia. Ada banyak yang sukses akan tetapi ada banyak juga yang nasibnya hanya seumur jagung.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tips tentang bagaimana caranya untuk membedakan apakah bisnis MLM yang akan kita ikuti tersebut adalah bisnis MLM yang tepat atau malah bisnis MLM yang merugikan kita.

Bagaimana cara untuk membedakan MLM yang bagus dengan yang penipuan? Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.


Cara Kita Membedakan MLM Bagus dan Penipuan


Jika kamu menemukan beberapa tanda seperti di bawah ini, maka sebaiknya kamu segera menghindar atau menolak ikut di bisnis MLM tersebut.

1. Bisnis MLM yang Hanya Fokus Terhadap Perekrutan Anggota Ketimbang Menjual Produk

Hal pertama yang paling penting untuk diperhatikan adalah fokus dari kegiatan bisnis MLM tersebut. Apakah fokusnya lebih ke perekrutan atau ke penjualan produk? Bila fokus MLM adalah untuk perekrutan member baru bahkan mengabaikan penjualan produk, tentu saja hal ini adalah salah satu pertanda kamu harus segera keluar dari bisnis MLM ini.

2. Pelatihan Yang Diberikan Tidak Baik/Buruk

MLM Scam atau Penipuan biasanya akan memberikan pelatihan yang terlihat buruk. Bila kamu mengajukan sebuah pertanyaan yang sulit dan mereka menjawabnya dengan “bersikaplah positif”, maka kemungkinannya kamu berada di dalam MLM Scam. Jika kamu hanya diberikan pelatihan tentang cara menyakinkan orang jadi member, merekrut teman-teman bahkan saudaramu untuk menjadi member, bisa saja MLM tersebut hanya SCAM.

3. Membeli Lebih Banyak

Jika kamu ditekan untuk membeli lebih banyak produk, diminta untuk menjadi anggota elit atau masuk jalur cepat dengan membeli banyak stok inventory dalam jumlah yang besar, atau bahkan ditekan untuk membeli paket bisnis executive untuk mendapatkan pelatihan

yang dibutuhkan, maka artinya kamu sedang berada dalam masalah. Segeralah untuk pergi dari bisnis MLM yang seperti ini.

4. Menjadi Target Perusahaan

Jika kamu merasa tertekan ketika berhubungan dengan representatif perusahaan dan sering dibuat merasa melewatkan kesempatan emas untuk membeli paket dalam jumlah besar, dan diberi sugesti bahwa kesempatan emas adalah keputusan terbaik yang bisa kamu ambil, maka berhati-hatilah kemungkinan besar juga itu merupakan MLM Scam. 

5. Metode Cepat Kaya Tanpa Bekerja

Hal tersebut merupakan pemikiran tidak tepat, semua tidak instan perlu proses. Jika ada yang bilang bisa cepat kaya tanpa bekerja. Tentu saja kamu tidak boleh percaya begitu saja, jangan pernah mengharapkan yang instan lakukan semua dengan sungguh - sungguh dalam melakukan usaha.

Nah, jika penawaran yang diberikan oleh MLM tersebut terlihat terlalu luar biasa, itu pertanda kamu sedang dijebak dalam sebuah penipuan. Kamu harus benar-benar mengecek apakah produknya benar-benar seperti klaim yang mereka berikan. Cek apa benar programnya telah menghasilkan banyak kesuksesan atau hanya bualan belaka.

Nah, itulah 5 ciri-ciri MLM Scam atau MLM penipuan yang harus kamu hindari. MLM bukanlah Money Game, namun untuk dapat menjadi member kita harus mempelajari tips dan trik dalam menekuninya. Jadilah orang yang cermat dan selektif dalam memilih bisnis terutama MLM. Jangan sampai terjebak dalam kasus penipuan dan akhirnya menyesalinya. Semoga tips ini dapat bermanfaat, cukup sekian dan sampai jumpa di artikel berikutnya. 

Belum ada Komentar untuk "5 Ciri-Ciri MLM Scam Yang Harus Dihindari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel